Jl. Kalimantan No 1 Kampung I / Skip 085179990551 mailbox@tarakankota.go.id

UMKM di Tarakan Pegangan Peranan Pertumbuhan Ekonomi Terpesat

0 comments 2023-07-01 00:00:00  

KBRN, Tarakan : Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., hadir pada Diseminasi Publik Roadmap Hilirisasi Investasi Strategis yang dilaksanakan di Swiss belHotel Tarakan pada Sabtu, 1 Juli 2023.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Anggota DPR-RI Dapil Kaltara, Deddy Sitorus, dengan berkolaborasi bersama Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI dan unsur Pemkot Tarakan.

Hadir pada kegiatan ini kelompok pengusaha, para pelaku usaha mikro kecil, dan para stakeholder lainnya.

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan ini, terlebih lagi kegiatan ini melibatkan para pelaku usaha yang mayoritas berasal dari pelaku UMKM, “PDRB Tarakan ini 73 persen ditopang oleh UMKM, yang memegang peranan dalam pertumbuhan ekonomi, terakhir pertumbuhan kita mencapai 6,3 persen year-on-year. Belum lagi dengan investasi yang masuk di Tarakan, bukan tidak mungkin tahun-tahun ke depan dapat mencapai dua digit,” ujarnya.

Ia pun berujar bahwa Pemkot Tarakan pun terus berkomitmen untuk menjadikan UMKM naik kelas. Berbagai pelatihan telah dilakukan, terakhir Pemkot juga telah menggelar pelatihan digitalisasi UMKM.

Di samping itu, Wali Kota pun mengungkapkan peluang bahwa banyak komoditas Tarakan yang dapat diolah sehingga menjadi nilai tambah apabila dibandingkan dengan dijual dalam bentuk bahan mentah. Peluang ini harus ditangkap oleh pelaku usaha, “kita harus sadar bahwa pola sudah berubah sehingga kita harus siap menghadapinya,” terang Wali Kota. (*)

0 comments

©

Tarakan    Designed by HTML Codex


Distributed By: ThemeWagon