Jl. Kalimantan No 1 Kampung I / Skip 085179990551 mailbox@tarakankota.go.id

Sosialisasikan Pemanfaatan Aplikasi Rumah Dumas presisi ke Masyarakat

0 comments 2022-12-07 00:00:00  

KBRN, Tarakan : Pasca diaktifkan untuk masyarakat Kaltara, Aplikasi rumah Dumas presisi buatan Inspektorat Pengawasan Umum Daerah (Itwasda) Polda Kaltara mulai di sosialisasikan melalui Polres, ketua RT maupun tokoh masyarakat di masing-masing kabupaten/kota.

Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya melalui Irwasda, Kombes Pol Eka Wahyudianta mengatakan, pihaknha mulai mendiseminasikan aplikasi dumas ini kepada seluruh Ketua RT dan tokoh masyarakat yang ada di Tarakan.

“Aplikasi ini merupakan Dumas Presisi yang mana juga bagian dari program Kapolri. Dari penjabaran pak Kapolri untuk penguatan pengawasan, agar tidak terjadi sumbatan komunikasi antara masyarakat dan polisi, jadi bisa langsung ke Rumah Dumas Presisi Polda Kaltara,” ujarnya, Rabu (7/12/2022).

Eka mengungkapkan, pasca di aktifkan sudah 60 persen masyarakat kaltara memanfaatkan rumah Dumas presisi ini. Tak hanya aplikasi, juga ada website dan akun media sosial Rumah Dumas Presisi yang mempermudah masyarakat dalam melakukan pelaporan.

“Untuk pengaduan sifatnya umum yang terjadi di tengah masyarakat, makanya kita pusatkan di RT. Kami harapkan juga dari pak RT di seluruh Kaltara diselesaikan ditingkat terkecil itu, misalnya perkelahian diselesaikan. Jangan sampai sudah diselesaikan malah melapor lagi ke Polres jadinya LP keranjang sampah,” terangnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, untuk operator pengaduan ini di operasikan personel Itwasda Polda Kaltara. Dalam pelayanannya, pengaduan dibuka dalam waktu 24 jam.

“Tindaklanjutnya dimanapun mereka lapor kita sampaikan ke fungsi terkait, mempermudah juga sebagai sarana diskusi juga,” akunya.

Sementara itu, Ketua RT 9 Kelurahan Kampung 4, Zainuddin Umar menuturkan, website ini sangat membantu dalam segi pengaduan. Nantinya ia juga akan mengarahkan warganya untuk melaporkan jika ada gangguan Kamtibmas.

Ia juga sempat bertanya terkait keamanan pengaduan, ia merasa puas karena pengaduan ini dilindungi identitasnya.

“Jadi pengaduan misalnya kinerja polisi yang bagus atau tidak, maupun soal pengamanan bisa kita laporkan dan itu bagus,” ungkapnya.

Sebelumnya, jika terdapat gangguan Kamtibmas pihaknya harus melapor ke babinkamtibmas atau Polsek terdekat. Hal ini tentu menyulitkan terlebih jika saat gangguan Kamtibmas terjadi pada malam hari.

“Respon babinkamtibmas baik selama ini, cuma kalau tengah malam kan sudah, dengan website ini kan kita bisa laporkan. Kita sebagai ketua RT ya kalau bisa ada kerjasama lanjutan dengan Polda Kaltara,” demikian Zainuddin Umar. (Crz)

0 comments

©

Tarakan    Designed by HTML Codex


Distributed By: ThemeWagon