Jl. Kalimantan No 1 Kampung I / Skip 085179990551 mailbox@tarakankota.go.id

Minta PDAM Tata Ulang Sistem Jaringan

0 comments 2022-09-18 00:00:00  

MINTA PDAM TATA ULANG SISTEM JARINGAN

TARAKAN – Untuk memastikan seluruh masyarakat dapat terlayani dengan air bersih, Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., meminta PDAM untuk melakukan beberapa langkah strategis.

Hal ini disampaikannya kala mengumpulkan seluruh jajaran PDAM Tirta Alam Tarakan pada Sabtu, 17 September 2022, di Ruang Pertemuan PDAM.

Pada saat ini, PDAM Tirta Alam memiliki kapasitas produksi 980 ribu meter kubik per hari yang telah melayani 86,8 persen masyarakat. Menurut perhitungan, angka tersebut sebenarnya cukup untuk melayani seluruh pelanggan. Namun selama ini terdapat embung yang melayani terlalu banyak pelanggan. ?Embung Kampung I Binalatung bebannya terlalu banyak sementara di lainnya tidak bermasalah,? ungkapnya.

Untuk itu, sebagai salah satu solusinya Wali Kota meminta agar Embung Indulung dapat segera dioperasikan agar jumlah air bersih yang dapat didistribusikan melalui layanan PDAM dapat meningkat dan mengupayakan agar interkoneksi dapat dibangun dengan perencanaan yang matang, ?buat pemetaan alur distribusi air bersih,? ujarnya.

Ia pun meminta agar PDAM dapat menghitung kembali proyeksi kebutuhan masyarakat terhadap air bersih dan strategi pemenuhan kebutuhan tersebut dalam jangka pendek (1 tahun), menengah (5 tahun), waktu panjang (lebih dari 5 tahun).

Di kesempatan ini pula, Wali Kota mengapresiasi kinerja PDAM Tirta Alam Tarakan yang sekarang telah jauh membaik. Dari hasil audit terakhir, PDAM memperoleh nilai audit 3,58 dan dari audit ini PDAM Tirta Alam berada di peringkat 14 Perusahan Daerah Air Minum dengan kinerja terbaik secara nasional.

?Kita harus pintar mengelola sumber daya, tidak boleh berpasrah pada keadaan,? pesannya kepada seluruh jajaran PDAM.

0 comments

©

Tarakan    Designed by HTML Codex


Distributed By: ThemeWagon