Jl. Kalimantan No 1 Kampung I / Skip 085179990551 mailbox@tarakankota.go.id

Tarakan Kota Berhasil Dalam Pengembangan Batik

0 comments 2023-10-16 19:00:47  

KBRN, Tarakan : Tarakan merupakan kota yang berhasil mengembangkan batik dengan pewarna alam, bahkan batik pewarna alam telah di jadikan sebagian pakain kedinasan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Daerah. 

Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta,  Agus Haerudin mengatakan, jika melihat sejarah perjalanan batik di Tarakan, eksistensi pembatik Tarakan cukup berhasil dan bertahan hingga saat ini. 

"Pengerajin batik yang ada di Tarakan belajar dari nol hingga memiliki kemampuan untuk membuat batik dan pembatik Tarakan berhasil menjalankan usaha batiknya," kata Agus, Senin (16/10/2023). 

Ia mengungkapkan, pembatik di Tarakan juga mendapatkan pelatihan dari Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta pelatihan yang di berikan selain pengembangan motif batik hingga memanfaatkan daur ulang limbah malam batik. 

"Tentunya peran dari pemerintah kota yang ikut andil dalam membina pengerajin batik sehingga eksistensi pengerajin batik terus bertahan dalam menghasilkan batik dengan motif Tarakan," tutupnya. 

Sumber : rri.co.id/tarakan

0 comments

©

Tarakan    Designed by HTML Codex


Distributed By: ThemeWagon