Jl. Kalimantan No 1 Kampung I / Skip 085179990551 mailbox@tarakankota.go.id

Menghadiri Business Matching VI dan ICEF Tahun 2023

0 comments 2023-08-03 00:00:00  

TARAKAN – Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes,, menghadiri Business Matching VI dan Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF) Tahun 2023, di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, pada Kamis (3/8/2023).

Pada kesempatan ini hadir Menteri Keuangan, Menteri Perindustrian, Menteri Hukum dan HAM, para Kepala Daerah, BUMN, dan pengusaha lokal. Diharapkan, melalui forum ini serapan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam belanja pemerintah dapat semakin terwujud.

Beberapa hal yang menjadi poin penting yang harus diperhatikan pemerintah daerah yaitu optimalisasi e-purchasing dan adaptasi penggunaan kartu kredit pemerintah untuk belanja daerah. Saat ini, secara nasional terdapat 5,2 juta paket pengadaan barang dan jasa pemerintah yang memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri dan peluang ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha lokal, termasuk UMKM, untuk dapat menjadi penyedia barang dan jasa pemerintah.

Di kesempatan ini Menkeu menyampaikan apresiasinya bagi pemerintah daerah yang telah mengimplementasikan e-purchasing.

Pemerintah Kota Tarakan pun merupakan salah satu daerah yang telah mengadaptasi pembelian barang dan jasa secara elektronik (electronic purchasing) dan menyerap produk dalam negeri melalui ekatalog. Per 31 Juli 2023, berdasarkan pagu yang telah diumumkan dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) tahun 2023, realisasi belanja elektronik melalui katalog elektronik lokal di Kota Tarakan telah mencapai 40,6 persen dari total pagu anggaran sebesar 55 miliar rupiah.

0 comments

©

Tarakan    Designed by HTML Codex


Distributed By: ThemeWagon