Jl. Kalimantan No 1 Kampung I / Skip 085179990551 mailbox@tarakankota.go.id

Upacara Peringatan Ke-116 Hari Kebangkitan Nasional

0 comments 2024-05-20 11:40:56  

TARAKAN - Pada tanggal 20 Mei 2024, Upacara Peringatan Ke-116 Hari Kebangkitan Nasional berlangsung dengan khidmat di halaman rumah jabatan Wali Kota Tarakan. Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., bertindak selaku Inspektur upacara. 

Harkitnas yang diperingati setiap tanggal 20 Mei pada tahun ini mengusung tema “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”. Tema ini mencerminkan semangat melanjutkan perjuangan para pendiri bangsa menuju masa depan yang gemilang. 

Dalam upacara tersebut, Pj. Wali Kota membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Sambutan tersebut mengingatkan kembali pada sejarah lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, ketika organisasi Boedi Oetomo didirikan. Organisasi ini dianggap sebagai pemicu pertama cita-cita untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia. 

Lebih dari seabad yang lalu, organisasi Boedi Otomo didirikan oleh kaum muda berpendidikan yang memiliki visi besar untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Otomo kemudian menjadi simbol Hari Kebangkitan Nasional yang kita peringati hingga saat ini. 

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota menyampaikan bahwa embrio Indonesia lahir dari kemajuan modern dan pencerahan kaum muda yang tetap menjaga identitas ke-Indonesiaan mereka. Keragaman pikiran dan semangat para pemuda terdidik pada masa itu berhasil merumuskan dan memperjuangkan cita-cita kemerdekaan dan kebebasan. 

Kini, kita berada pada fase kebangkitan kedua. Melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dirintis oleh para pendiri bangsa, kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru.

0 comments

©

Tarakan    Designed by HTML Codex


Distributed By: ThemeWagon