Jl. Kalimantan No 1 Kampung I / Skip 085179990551 mailbox@tarakankota.go.id

TARAKAN RAIH UHC AWARD KATEGORI TERTINGGI

0 comments 2024-08-08 22:00:30  

RAIH UHC AWARD KATEGORI TERTINGGI

JAKARTA - Pemerintah Kota Tarakan kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award kategori tertinggi, yaitu Kategori Utama, dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., dalam seremoni yang berlangsung di Grand Krakatau Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Penghargaan yang juga dihadiri Wapres K.H. Ma’ruf Amin ini menjadi bukti nyata atas komitmen Pemerintah Kota Tarakan dalam menjamin akses kesehatan bagi seluruh warganya. Hingga saat ini, sebanyak 101,88 persen penduduk Tarakan telah tercover layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui berbagai skema. Sebanyak lebih dari 47 ribu penduduk bahkan preminya ditanggung langsung oleh Pemerintah Daerah melalui skema Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemda.

Dalam pernyataannya, Pj. Wali Kota menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia, Gubernur Kalimantan Utara, serta seluruh warga masyarakat dan dunia usaha yang telah mendukung suksesnya program JKN di Tarakan.

Dr. Bustan menegaskan bahwa meskipun target cakupan UHC di Tarakan sudah lebih dari target, namun perbaikan akan terus dilakukan. “Kita terus melakukan evaluasi sesuai dengan arahan (Wapres) tadi. Beberapa daerah, termasuk Kota Tarakan, akan terus melakukan evaluasi”. Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa evaluasi akan mencakup tingkat keaktifan peserta yang masih belum mencapai 100%. “Kita akan terus melakukan sinergi dan kolaborasi dengan BPJS Kesehatan serta berbagai pihak terkait. Ada beberapa hal yang nanti akan kita bahas kembali,” tegas Pj. Wali Kota.

Penghargaan UHC kategori tertinggi yang diraih oleh Tarakan sendiri memiliki kriteria yang ketat yaitu tingkat kepesertaan di atas 98 persen, tingkat keaktifan di atas 80 persen, adanya komitmen keberlangsungan, kontribusi PBPU Pemda lebih tinggi dibandingkan PBPU Nasional, dan Pemda tidak memiliki tunggakan.

#tarakan #kaltara

Foto: @dkisptarakan @bpjskesehatan_ri

Sumber IG : @pemkot_tarakan

0 comments

©

Tarakan    Designed by HTML Codex


Distributed By: ThemeWagon