Jl. Kalimantan No 1 Kampung I / Skip 085179990551 mailbox@tarakankota.go.id

PT SKA Kelola Balai Benih Udang

0 comments 2024-02-01 21:15:48  

KBRN, Tarakan : Mulai 2024, PT Sumber Kalimantan Abadi (SKA) akan mengelola Balai Benih Udang (BBU) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan yang berada di Kelurahan Pantai Amal.  

Sebelumnya, BBU dikelola oleh Perumda Tarakan Aneka Usaha. Namun, hasilnya belum maksimal hingga saat ini.

Kepastian itu setelah PT SKA menandatangani kerja sama dengan Perumda Tarakan Aneka Usaha disaksikan Wali Kota Tarakan di Gedung Serbaguna Kantor Wali Kota, Kamis (1/2/2024).

Direktur PT SKA, Erwin menjelaskan, dalam pengelolaan BBU ini, pihaknya bekerja sama dengan teknisi asal Kanada dan mendatangkan induk udang dari Hawai yang terjamin kualitasnya.

“Karena di Tarakan ini, induknya tidak terjaga kualitasnya. Jadi kami bekerjasama dengan teknisi dari Kanada dan mendatangkan induk dari Hawai yang bebas dari penyakit dan lain-lain. Jadi sudah terjamin kualitasnya,” ujar Erwin.

Nantinya, induk udang dari Hawai akan dikembangkan di BBU sehingga menjadi bibit unggul dan berkualitas yang bisa budidayakan petani di tambak.

Erwin menargetkan, bibit udang yang bisa dijual minimal PL-15 ke atas yang dinilai cukup kuat dalam menghadapi kondisi.  

Erwin memperkirakan pihaknya mulai masuk mengoperasikan BBU sekira 2 minggu lagi, menunggu panen benih udang saat ini.  

Selain itu, pihaknya masih merenovasi fasilitas di BBU karena banyak fasilitas yang rusak. Bahkan, ia perkirakan ada yang harus dibangun juga.

Terkait bagi hasil, Erwin menyerahkan kepada Perumda Tarakan Aneka Usaha. (Rajab)

Sumber : RRI.co.id

0 comments

©

Tarakan    Designed by HTML Codex


Distributed By: ThemeWagon