Jl. Kalimantan No 1 Kampung I / Skip 085179910551 mailbox@tarakankota.go.id

Perpustakaan BI Kaltara Kembali Dibuka untuk Umum, Suasananya Bikin Nyaman

0 comments 2023-12-16 13:19:51  

KBRN, Tarakan : Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) kembali membuka perpustakaannya untuk umum dengan suasana yang lebih nyaman.

Sebelumnya, perpustakaan yang berlokasi di kompleks Kantor Perwakilan BI Provinsi Kaltara di Jalan Mulawarman, Tarakan itu terbengkalai selama pandemi Covid-19.

Pasca pandemi dilakukan pembenahan desain ruangan, interior hingga buku yang disajikan diseleksi terlebihdulu.

Hasilnya, suasana di perpustakaan kini lebih indah dan nyaman untuk dikunjungi masyarakat. Kunjungan telah dibuka sejak Kamis (14/12/2023).

Diawali dengan re-opening yang dilakukan Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul M.Kes, didampingi Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Kaltara, Seno Indarto.

“Ini kita buka untuk umum masyarakat bisa ikut ke perpustakaan BI mulai dari jam 8 pagi sampai 17 (pukul 5 sore). Setiap hari dari Senin sampai Jumat,” ujar Seno Indarto kepada awak media.

Karena masih re-opening, Seno mengaku pembenahan yang dilakukan masih 85 persen. Karena itu, pihaknya akan terus memperbaiki dan menambah fasilitas.

Termasuk menambah buku yang ditargetkan bisa mencapai 2 ribu examplare secara bertahap. Di tahap awal sekira 300 examplare akan masuk Desember 2023 atau Januari 2024.  

Jumlah buku saat ini masih sekira 1.100an examplare dengan 70 persen bertemakan di bidang ekonomi dan finansial. Selebihnya umum baik novel dan buku ilmu pengetahuan lainnya.   

Selain itu, pihaknya juga memberikan tempat bagi penulis-penulis lokal untuk memampang bukunya di perpustakaan BI Kaltara.

“Kita juga mensupport dan mengapresiasi penulis-penulis lokal sehingga beberapa buku yang diterbitkan untuk lokal kita beli dan kita simpan di sini. Jadi masyarakat, jika ingin membaca, ingin meminjam, dipersiahkan,” ungkap Seno.

Agar pengunjung betah membaca buku di perpustakaan, ke depan pihaknya akan menyiapkan coffee drink serta menambah pojok baca.  

Kantor Perwakilan BI Provinsi Kaltara juga membuka layanan peminjaman buku untuk dibaca di rumah. Cukup dengan meninggalkan identitas. (Rajab)

0 comments

©

Tarakan    Designed by HTML Codex


Distributed By: ThemeWagon