Jl. Kalimantan No 1 Kampung I / Skip 085179910551 mailbox@tarakankota.go.id

Minum Air Butuh Berapa Gelas Sehari?

0 comments 2024-01-01 01:00:00  


Kebutuhan minum per hari masing-masing orang berbeda-beda. Karena inilah, banyak yang mempertanyakan berapa banyak kebutuhan minum untuk tubuhnya. Ternyata, kebutuhan air bisa dilihat dari ukuran berat badan loh!

Kebutuhan asupan air minum per hari juga perlu dihitung sesuai berat badan seseorang. Tentunya, kebutuhan cairan orang yang punya berat 45 kilogram berbeda dengan yang beratnya 90 kg. 

Kebutuhan asupan cairan tergantung pada aktivitas seseorang. Jika aktivitasnya tinggi, maka kebutuhan air di tubuhnya bisa lebih.  Secara umum 8 gelas per hari, tapi kembali lagi disesuaikan dengan aktivitas harian.

Salah satu perhitungan kebutuhan cairan ini dapat dilakukan dengan menghitung berat badan dikali 30 ml. Dan hasilnya bisa menjadi acuan berapa air yang dibutuhkan. Berdasarkan website resmi Kementerian Kesehatan Indonesia, berikut beberapa daftar takaran minum air putih sesuai berat badan:

- Berat badan 45 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 1,9 liter

- Berat badan 50 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 2,1 liter

- Berat badan 55 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 2,3 liter

- Berat badan 60 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 2,5 liter

- Berat badan 65 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 2,7 liter

- Berat badan 70 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 2,9 liter

- Berat badan 75 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 3,2 liter

- Berat badan 80 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 3,5 liter

- Berat badan 85 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 3,7 liter

- Berat badan 90 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 3,9 liter

- Berat badan 95 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 4,1 liter

- Berat badan 100 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 4,3 liter

Takaran minum air putih sesuai berat badan seperti daftar di atas bisa dijadikan salah satu acuan. Namun, tidak ada salahnya apabila Anda tetap mengacu pada standar global yaitu 2 liter per hari. 

Air merupakan bagian terbesar pada tubuh manusia, persentasenya dapat berubah tergantung pada umur, jenis kelamin dan derajat obesitas seseorang. Seiring dengan pertumbuhan seseorang persentase jumlah cairan terhadap berat badan berangsur-angsur turun yaitu pada laki-laki dewasa 50-60% berat badan, sedangkan pada wanita dewasa 50 % berat badan.

Sekitar 80% dari kebutuhan individu merupakan kontribusi dari cairan termasuk air, dan sisanya diperoleh dari makanan. Menurut beberapa ahli dalam penelitiannya bahwa setidaknya 95% otak manusia tersusun atas air, 82% air ada pada darah, sebanyak 75% air terdapat pada jantung, 86% terdapat pada paru-paru, dan kurang lebih 83% air terdapat pada ginjal.

Tubuh manusia tersusun sebagian besar oleh cairan. Hampir 60% berat badan orang dewasa terdiri dari cairan. Jumlah cairan tubuh total pada masing-masing individu dapat bervariasi menurut umur, berat badan, jenis kelamin serta jumlah lemak tubuh ya!

#IndonesiaBaik #YangMudaSukaData #EdukasiInformasi #Infografis #AirPutih #TipsMinum #Kesehatan #KominfoNewsroom

0 comments

©

Tarakan    Designed by HTML Codex


Distributed By: ThemeWagon