Jl. Kalimantan No 1 Kampung I / Skip 085179990551 mailbox@tarakankota.go.id

Cegah Stunting dengan Isi Piringku Sekali Makan

0 comments 2024-01-30 01:00:10   Tags: Info Sehat

Stunting merupakan masalah kesehatan serius yang hingga kini masih menjadi tantangan bagi Indonesia. Stunting sendiri merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita (anak di bawah usia 5 tahun) akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada 1000 hari pertama kehidupan.

Untuk mengatasi hal itu, Kementerian Kesehatan sendiri telah melakukan langkah-langkah pencegahan, di antaranya menjalankan rekomendasi Isi Piringku dalam sekali makan.

Untuk mencegah stunting, para Ibu bisa menjalankan rekomendasi Isi Piringku, yakni dalam 1 piring makan harus tersedia lengkap, mulai dari makanan pokok, lauk-pauk, dan sayur atau buah-buahan.  Komposisi Isi Piringku dari Kementerian Kesehatan RI terdiri dari kombinasi 50% buah dan sayur, serta 50% karbohidrat dan protein dengan pembagian sepertiga lauk dan dua pertiga karbohidrat.

Makanan pokok yang dimaksud bukan hanya nasi, melainkan juga bisa divariasikan dengan kentang, singkong, jagung, sagu, ubi, dan lain-lain. 

Sedangkan lauk-pauk bisa berupa protein hewani daging sapi/ayam/unggas, ikan, telur, serta protein nabati tahu, tempe, dan produk olahannya. Sementara sayur dan buah untuk si Kecil bisa berupa sawi, bayam, pepaya, jeruk, dan sebagainya.

#IndonesiaBaik #YangMudaSukaData #EdukasiInformasi #Infografis #Stunting #Gizi #Kesehatan #KominfoNewsroom Sehat-Gizi

Sumber FB : IndonesiaBaik.Id

0 comments

©

Tarakan    Designed by HTML Codex


Distributed By: ThemeWagon